Batak Toba






















Tapanuli Utara dan Tengah)

Pulau Samosir

Samosir sangat menarik karena terletak ditengah danau dan hanya satu-satunya yang ada dari seluruh dunia.Mempunyai luas permukaan sekitar 627 kilometer persegi. Samosir dapat ditempatkan sebagai pusat dari kebudayaan batak.


Terdiri dari beberapa desa yang mempunya kepentingan sejarah seperti monumen pemakaman raja-raja dan rumah-rumah tradisi batak.

Pulau Samosir dapat dikunjungi melalui pelayanan kapal penumpang atau ferry dari Prapat dengan perjalanan sekitar 45 menit.



Tomok

Desa Tomok adalah pintu utama untuk masuk ke Samosir. Terletak sekitar 9 km dari Prapat. Di Tomok kita dapat mengagumi rumah-rumah tradisi adat batak tua dengan ornamen-ornamen khas yang terbuat dari ukiran balok dan atap rumah yang menyerupai tanduk banteng. Tidak jauh dari desa Tomok terletak pemakaman Raja Sidabutar. Raja Sidabutar berkuasa pada masa sekitar 200 tahun yang lalu. Disekitar desa tersebut masih banyak diketemui tugu-tugu pemakaman yang terbuat dari batu-batu dari jaman pra-sejarah.



Pulau Tao

Adalah pulau kecil yang ada di danau Toba, terletak sekitar 30 km dari Prapat. Pulau Tao hanya dapat dikunjungi dengan kapal motor. Pulau ini sangat cocok sebagai tempat bersantai atau berbulan madu. Karena letaknya di daerah yang tenang dari Danau Toba dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan yang jauh dari keramaian dan kesibukan kehidupan kota.



Ambarita

Terletak sekitar 13 km dari Prapat, 1 km dari desa Tuktuk adalah tempat yang ramah dengan bunga-bunga dan rumah-rumah tradisi tua batak. Di desa ini dapat kita temui meja-meja dan kursi-kursi batu yang pada jaman itu dipergunakan sebagai tempat perkumpulan oleh raja-raja Sialagan. Dalam perkumpulan itu dibicarakan hal-hal seperti hukuman terhadap para pelaku kejahatan, penentuan waktu terbaik untuk panen padi, penetapan tanggal pernikahan dan masalah-masalah penting lainnya.



Pangururan

Pangururan terletak di sebelah utara pulau Samosir, terpisah dari daratan oleh sungai kecil. Dari Pangururan kita dapat mengunjungi Brastagi dengan bus penumpang. Dalam 30 menit kita bisa sampai di Simanindo, bisa juga memakai kapal penumpang. Pangururan sangat terkenal dengan sumber mata air panas yang sanagt ramai dikunjungi oleh wisatawan setempat.



Tele

Pemandangan danau Toba dilihat dari Tele adalah sangat indah sekali. Dari Tele ke Pangururan berjarak 22 km. Disini terdapat menara dimana kita bisa menikmati pemandangan indah dari danau Toba, pulau Samosir dan Dolok Pusut Buhit. Pusut Buhit adalah desa yang lansung berbatasan dengan Tele berjarak 12 km. Di desa Tele ini juga terdapat sumber mata air panas.






Bakkara

Di daerah ini terdapat berbagai bangunan tua dari jaman Raja Sisingamangaraja XII. Termasuk istana dan berbagai peralatannya yang dipergunakan beratus-ratus tahun yang lalu.



Tuktuk

Tuktuk adalah tempat yang cocok untu beristirahat daan bersantai. Terletak pada bagian Samosir yang tenang dan nyaman langsung berbatasan dengan danau.






Simanindo

Is located on the northern side of the island, about 16 km from Ambarita. The past King Sidauruk had his long house in this village. It is now one of the more outstanding Batak houses on the island. The long house now serves as a museum for tourists.



It is decorated with wood carving and semi. sculptured figures, among others the Gajah Dompak god, who was meant to frighten away ghosts or evil spirits. This god was worshipped by the Toba Bataks hundreds of years ago.

The Tor-Tor dance is often performed at Simanindo on special occations or on request for a fee.

Visitors can watch the Tor-Tor dance and the Sigale- gale wooden puppet dance performed by the local villagers in front of the long-house to the accompaniment of musicians playing their traditional instruments.
Top



Balige

Balige is situated on the south eastern shore of Lake Toba, opposite the tip of Samosir lsland. It has a beautiful sandy beach. The town is often host to some annual Batak festivities, namely the'Pesta Horas' (Horas Party) and 'Pesta Pantai Lumban Silintong (Lumban Silintong Beach Party). The activities include a fishing competition, traditional sports such as Marjalengkat, Marhonong, and others. Two museums are found here: the Balige Museum and the Sisingamangaraja XII Museum. The Sisingamangaraja Museum shows a collection of objects and items used by this past king. His tomb can be seen at Soposurung, Tanah Batak. There is also a monument here in honour of the late General D.I. Panjaitan, a National Fighter who was killed in the communist coup of 1965. Adian Nalambok with its Gur-gur Resthouse is a place offering panoramic views on the way to the town of Tarutung in Tanah Batak. It is only 5 km from Balige. Balige is located about 65 km from Parapat. Balige is noted for its traditional Batak cloths. Not far from Balige there is a village called 'Laguboti' which is known for its woodcarvings and statues.

Top


Sigumpar

Situated 14 km from Balige and Porsea. You can visit the grave of DR. I.L. Nommensen here. In front of the grave is the Nommensen Church. Nommensen was a German missionary of the 19th century, the only one of the western missionaries who was successful in spreading the Christian faith among the Batak. Sigumpar is a beautiful village and visitors who enjoy natural beauty will be satisfied here.



Meester houtsnijder Ompu Pandai Mauli Siagian op de weg dichtbij Huta
Sigumpar.

Top



Sibolga

Sibolga is the capital of Central Tapanuli. lt is known for its lovely beach, called 'Tapian Nauli' which means 'beautiful beach' and the clear waters. It is 173 km away from Parapat on the west coast of Sumatra facing the lndian Ocean.


Several small islands with white sandy beaches lie opposite Sibolga. One of the interesting places at Sibolga is Pandan Beach.

Top


Pandan Beach.

Sebenarnya itu adalah perkampungan para penangkap ikan yg cara hidupnya masih sesuai kebiasaankebiasaan lama.Tetapi, disana bisa dinikmati ikan pang-gang segar yg beberapa saat lalu baru ditangkap di laut. Pandan Beach terletak 11km dari Sibolga ke arah Padang Sidempuan.

Top



Pulau Mursala.

Kecamatan Sibolga ini terletak di Lautan Hindia. Terkenal dengan rekreasi laut. Banyak jenis ikan, fauna serta flora laut bisa ditemukan disana. Tempatpempat lain yg menarik perhatian antar lain ialah air terjun,pantaipantai berpasir putih dan tempattempat perburuan.Pulau ini bisa dicapai dengan kapal.
Top


Barus.

Kota ini terletak 65 km dari Sibolga- kota tertua di pantai barat Sumatra .Dulu kota ini adalah pintu gerbang bagi Sumatra bahagian barat. Disini terdapat banyak kuburankuburan tua,bendabenda kuno peninggalan dari keturunanketururnan rajaraja yg dahulu disana berkuasa. Pantaipantai pasir putih sangat ideal untuk tempat berjemur,berenang sedang gelombanggelombang tinggi Lautan Hindia mengajak kita untuk bersurfing.





Bonan Dolok.

Kota kecil ini terletak 850 m diatas permukaan laut sejauh 9 km dari Sibolga. Dari sini pemandangan indah jatuh ke teluk Tapian Nauli dan laut sekitarnya. Sepanjang jalanan ke tempat ini terdapat banyak wismawisma, dimana sejenak bisa beristirahat melepaskan rasa letih.
Top



Rura Silindung

0 komentar:

Posting Komentar